Wisata Goa Wareh Sukolilo Pati Tawarkan Keindahan Sumber Mata Air Abadi


PATI – jejaknusantaragroup.com | Goa Wareh yang berada di Desa Kedumulyo, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati Jawa Tengah merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata yang ada di Bumi Mina Tani. Bahkan, desa ini merupakan salah satu desa wisata yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar).

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata Mohamad Roni menuturkan, salah satu daya tarik dari Goa Wareh adalah keberadaan sumber mata air abadi alias tidak akan kering sekalipun saat musim kemarau.

Disana, kata dia, pengunjung bisa menikmati suasana asri sembari berenang di lokasi sumber mata air persis di bibir Goa Wareh.

Tak hanya itu saja, pengunjung juga bisa menyisir di dalam goa, dimana tembusannya sampai di atas bukit yang menawarkan keindahan Pegunungan Kendeng dari atas bukit.

"Jadi kan disana ada berbagai lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Ada sumber mata air, gua, dan bukit. Di Desa Kedumulyo juga masih ada Bukit Teletubbies dan Gua Lowo yang menarik untuk dikunjungi," ujar Roni.

Sementara itu Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kedumulyo, Adie Saputro mengungkapkan adanya dukungan penuh Pemerintah Desa (Pemdes) Kedumulyo dalam rangka pengembangan desa wisata, terkhusus objek wisata Goa Wareh.

“Kalau dari Pemdes kan sudah ada wacana desa wisata. Mereka yang mengelola, jadi mendukung. Kesepakatan dari saya ketua pokdarwis dan kepala desa. Jadi pemdes ya sangat mendukung,” ujarnya.

Spot-spot foto adalah yang paling diunggulkan untuk lebih menarik minat wisatawan agar mengunjungi Goa Wareh. Seperti keindahan dalam Goa Wareh yang kini telah dilengkapi dengan lampu penerangan. Aliran sungai yang mengalir didalam goa juga bisa digunakan untuk berenang oleh para pengunjung.

Selain itu juga, Pokdarwis menawarkan paket wisata yang dapat dinikmati seharian penuh oleh para wisatawan. Adie menerangkan, paket wisata ini akan mengajak pengunjung mengunjungi tiap spot wisata sembari mengelilingi Desa Kedumulyo.

“Kalau untuk menarik minat wisatawan kami membuat paket yang kami sponsorkan di instagram. Ada beberapa seperti kegiatan outbound tracking gunung dan makanan khas. Per paket 500ribu untuk 10 orang, itu satu hari kami anggarkan untuk tour guide dan sovenir. Jadi nanti banyak kegiatan. Kan disini ada banyak objek wisata seperti Bukit Teletubis, Goa Lowo. Tapi yang diunggulkan Goa Wareh,” tambahnya.

Pagelaran budaya juga direncanakan akan ditampilkan guna memperkenalkan kesenian khas Desa Kedumulyo, seperti Seni Barong Sidotresno dan Kirab Budaya.

“Kalau budaya kan sudah masuk desa wisata. Ada Seni Barong Sidotresno dan  kirab budaya. Tapi kemarin tidak ada kirab karena kepala desanya kan baru, jadi ditiadakan sementara,” pungkasnya.(red) 

About Redaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.