Ungkapkan Rasa Syukur, Warga di Juwana Larung Kepala Kambing ke Laut

PATI – jejaknusantaragroup.com | Dalam rangka sedekah bumi, warga Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati menggelar tradisi larung kepala kambing di laut. Tradisi tersebut merupakan salah satu bentuk rasa syukur terhadap rezeki didapatkan para nelayan.

Sebelum proses pelarungan kepala kambing, warga berkumpul di area balai desa untuk bersiap mengarak kepala kambing dan sesajian yang diletakkan di miniatur kapal keliling desa. Sesajian berupa hasil bumi tersebut juga turut turut dilarung ke laut.

Miniatur kapal dipanggul sejumlah empat orang yang kemudian diarak serta diikuti pawai oleh warga Bendar untuk keliling desa. Kepala kambing dan sesajian yang ada di miniatur kapal tersebut didoakan terlebih dahulu oleh tokoh agama setempat. Kemudian, dibawa menyusuri Sungai Silugonggo hingga sampai di laut untuk dilarung. 

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Muhammad Roni mengatakan, salah satu rangkaian sedekah bumi yakni larung kepala kambing bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas segala rahmat yang diberikan dalam bentuk kekayaan alam. 

"Ada larung miniatur kapal dengan sesajian dan kepala kambing. Jadi dilarung di laut ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan anugrah laut beserta sumbernya," ujarnya saat dihubungi Senin (22/4).

Roni menyebut, antusiasme masyarakat yang menyaksikan arak-arakan dan pelarungan kepala kambing tersebut sangat tinggi mengingat acara tersebut digelar setahun sekali.

"Ini antusias sekali masyarakatnya. Warga ada yang ikut berbondong-bondong pawai, ada yang menonton dari kiri dan kanannya," lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Bendar, Sutopo. Menurutnya sedekah laut yang disertai prosesi larung kepala kambing merupakan bentuk syukur nelayan atas rejeki yang didapatkan di laut.

"Tujuannya ya kita bersyukur karena sudah diberikan rezeki dan selamatan bumi dan laut biar tidak ada halangan apa-apa saat melaut," tutupnya.(red) 

About Redaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.