DPRD Sukarno Sebut Karang Taruna Miliki Peran Penting dalam Pembangunan Desa


PATI - jejaknusantaragroup.com | Anggota DPRD Kabupaten Pati Ir. Sukarno menyebut, karang taruna memiliki peran yang sangat penting di dalam mendukung keberhasilan pembangunan di desa. Hal itu disampaikan Sukarno, memgingat saat ini anggaran Dana Desa (DD) tahap pertama sudah cair sehingga di dalam pemberdayaan masyarakat, lembaga karang taruna dapat dilibatkan.

Menurut Sukarno, di tengah dinamika perubahan sosial, ekonomi, dan politik, peran pemuda dalam membangun masyarakat desa sangatlah penting. Karang Taruna, sebagai salah satu organisasi kepemudaan keberadaannya tersebar di setiap desa, merupakan kekuatan positif kaum muda yang mampu mendorong perubahan sosial yang berkelanjutan, sekaligus pendorong keberhasilan pembangunan di desa.

Sukarno menambahkan, Karang Taruna memiliki tugas pokok dan fungsi secara bersama-sama dengan Pemerintah, mulai tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi sampai ke tingkat pusat. Karang Taruna memiliki peran penting dalam membangun dan mengembangkan potensi yang ada di desa masing-masing.

“Harapan kami, Pemerintah Desa dapat memberikan ruang atau wadah bagi para pemuda di desa yang tergabung di dalam lembaga kepemudaan tersebut. Setidaknya, dalam setiap kegiatan di tingkat desa bisa melibatkan pemuda karang taruna. Sehingga antara pemerintah desa dan karang taruna bisa saling mendukung dan saling berkolaborasi di dalam mendukung keberhasilan pembangunan di desa,” ujarnya kepada Kilasfakta.com.

Lebih lanjut, Sukarno menambahkan, seiring perkembangan zaman kaum milenial karang taruna harus dapat ikut aktif dalam kelembagaan pemuda di desa masing-masing. “Kemajuan teknologi yang selama ini berkembang dan dikuasai oleh para pemuda bisa dimanfaatkan mereka untuk ikut memajukan desanya,” pungkasnya. (Red)

About Redaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.