DPRD Pati Sutikno Dukung Satpol PP Berantas Rokok Ilegal


PATI – jejaknusantaragroup.com | Anggota Komisi C DPRD Pati Sutikno mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Satpol PP serius dalam menindak dan memberantas peredaran rokok ilegal atau rokok tanpa cukai. Menurutnya, peredaran rokok tersebut sangat merugikan negara dari sektor pajak. Oleh sebab itu, Sutikno sangat mendukung dan mensuport penuh.

Menurutnya, wilayah pedalaman dan perbatasan adalah lokasi yang paling rawan terdapat peredaran rokok ini. Karena wilayah yang sulit dijangkau, juga minim pengawasan oleh petugas terkait seperti Satpol PP.

“Komisi C DPRD Pati mendukung upaya pemberantasan peredaran rokok ilegal yang berdampak merugikan pendapatan negara dari sektor cukai," ujarnya.

Disamping peran serta dari Satpol PP, tak kalah penting menurut Sutik adalah peranan dari seluruh stakeholder terkait. Seperti Kepala Desa yang memiliki wewenang penuh di wilayahnya.  Melalui koordinasi yang demikian, dirinya yakin peredaran rokok ilegal bisa diberangus.

"Untuk mewujudkan hal ini, diharapkan adanya kolaborasi yang baik antara Satpol PP dan Kepala Desa sebagai instansi yang berwenang,” terangnya.

Selain berpengaruh terhadap penerimaan pendapatan negara. Politisi dari Partai Nasdem ini juga menilai rokok illegal sangat berbahaya bagi kesehatan penggunanya.

 Sebab, kandungan yang terdapat didalam rokok tersebut tidak diatur sebagaimana mestinya dan dikhawatirkan melebihi dosis yang ditetapkan.

“Rokok in ikan juga membahayakan kesehatan masyarakat karena kandungannya yang tidak diawasi,” imbuhnya.

Dikatakan, dengan penindakan ini juga memiliki banyak manfaat bagi masyarakat Pati. Seperti bantuan sosial dan alat pertanian untuk petani tembakau, pelatihan kerja bagi anak-anak muda, serta bantuan untuk buruh pabrik rokok.

About Redaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.