DPRD Pati Narso Ajak Anak Muda Jadi Peternak Milenial


PATI - jejaknusantaragroup.com | Selain sektor pertanian, sektor peternakan adalah sektor yang tak bisa dianggap remeh dan harus menjadi perhatian pemerintah. Untuk itu Narso, selaku anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengajak anak muda untuk menjadi peternak milenial.
Menurutnya, kondisi iklim dan cuaca di Pati sangat cocok untuk sektor peternakan.

Salah satu inovasi yang dibuat olehnya adalah dengan mengolah pakan dengan cara fermentasi. Sehingga pakan hijauan dapat digunakan untuk beberapa hari tanpa membusuk.

“Di beberapa tempat, saya ajak peternak milenial, beternak domba dan kambing tetapi tanpa merumput. Kita buat teknologi supaya mereka bisa meminimalisir resiko, kerjanya lebih pintar,” jelas dia.

Narso menjelaskan, peran serta pemerintah yang dalam hal ini adalah Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) juga diharapkan mendukung program ini.

Minat anak muda terhadap dunia peternakan dan pertanian yang sama-sama rendah juga belum bisa dijelaskan olehnya. Sehingga, ini menjadi suatu Pekerjaan Rumah (PR) dari pemerintah dalam rangka menjaga ketahanan pangan di tengah ancaman krisis global.

“Tapi memang ada stimulus dari pemerintah supaya generasi muda ini mau masuk ke sektor pertanian. Belum ada studi kesana (menentukan minat anak muda terhadap pertanian atau peternakan), jadi belum bisa dijadikan patokan,” tambahnya.

Dewan fraksi PKS ini juga mengajak masyarakat Pati untu memulai urban farming, dengan memanfaatkan lahan sempit, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan.

“Tetapi di beberapa tempat ada namanya urban farming, itu di perkotaan. Kalau di Pati saya belum lihat. Intinya harus ada bantuan dari pemerintah,” tandasnya.

About Redaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.