SEDEKAH BUMI YANG BERBUDAYA





PATI | Acara tradisi turun temurun yang sudah dilaksanakan oleh warga masyarakat di Kabupaten Pati. Sarat akan kebudayaan dan diwariskan turun temurun dan dihelat sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME. Dan sebagai upaya untuk melestarikan seni dan budaya, Anggota Komisi D dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muntamah sangat mendukung jika Sedekah Bumi dijadikan warisan budaya desa.


Sedekah bumi mengajarkan kerukunan antar warga dan dicerminkan dengan berkumpulnya masyarakat di punden desa dan melakukan doa bersama. Lebih lanjut Muntamah juga mengatakan bahwa nilai berbagi kepada sesama juga diajarkan di acara Sedekah Bumi, karena antar warga biasanya akan saling membagikan makanan yang sebelumnya warga kumpulkan bersama dan akan dibagikan kembali kepada orang lain.


Ketua Fraksi Partai Kebangkitan bangsa (PKB) ini menilai bahwa Sedekah Bumi yang setiap tahun digelar sangat mendukung upaya pemerintah untuk menjaga kelestarian budaya, apalagi dalam Sedekah Bumi, masyarakat biasanya akan mengadakan hiburan yang sangat kental dengan kekayaan seni dan budaya seperti wayang dan ketoprak. Untuk kedepan fasilitas dan promosi pasti akan diberikan oleh pemerintah dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan demi menjaga salah satu warisan budaya desa tersebut.

About Redaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.