PUPUK DAN SOLUSINYA





PATI | Kelangkaan pupuk subsidi sepertinya menjadi masalah yang terus menghantui para petani. Keluhan petani perihal sulitnya mendapatkan pupuk subsidi terlebih lagi ketika memasuki musim tanam yang membutuhkan pemupukan dengan segera membuat anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Maesaroh menanggapi bahwa persoalan pupuk selalu muncul bahkan para petani juga menyampaikan keluhan dan masukan untuk tidak usah diberikan subsidi pupuk asal ketersediaan pupuk kimia di toko pertanian selalu tersedia karena pupuk adalah utama buat petani.


Anggota komisi DDPRD Pati ini juga menyampaikan keberatan para petani ketika pupuk bersubsidi justru membuat para petani tetap kesulitan mendapatkan di pasaran. Para petani beranggapan tidak perlu mendapatkan subsidi pupuk asalkan pemerintah dapat terus menjamin ketersediaan pupuk pabrik atau pupuk kimia.

Melihat segala permasalahan yang ada yang ditimbulkan dari kelangkaan pupuk bersubsidi, politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mencoba mendorong para petani untuk bisa lebih menggunakan keberadaan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan memanfaatkan kotoran ternak yang pasti banyak dimiliki juga oleh masyarakat.  Menurut wakil rakyat asal Jakenan ini, pupuk kandang atau pupuk kompos akan sangat efektif digunakan,  mengingat mayoritas masyarakat Kabupaten Pati yang bekerja di sektor pertanian.

About Redaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.